Rabu, 18 April 2018

Masjid Sultan Suriansyah

Masjid Sultan Suriansyah terletak di kelurahan Kuin Utara, kecamatan Banjarmasin Utara sekitar setengah jam perjalanan dari pusat kota. Untuk mengunjungi Masjid Sultan Suriansyah ini dapat menggunakan angkutan darat atau menggunakan angkutan sungai karena Mesjid bersejarah ini terletak di pinggir Sungai Kuin.

Arsitektur dalam masjid Sultan Suriansyah

Masjid Sultan Suriansyah adalah Mesjid bersejarah tertua di Kalimantan Selatan. Mesjid ini dibangun pada masa Pemerintahan Sultan Suriansyah pada tahun 1526-1550. Sultan Suriansyah merupakan Raja Banjar pertama yang memeluk agama Islam di Kalimantan Selatan.
 
Masjid Sultan Suriansyah jaman pendudukan Belanda

Masjid Sultan Suriansyah memiliki arsitektur kuno yang masih kokoh. Di dalam masjid tedapat ornamen khas Banjar dan sebuah mimba yang masih digunakan oleh khatib untuk khutbah setiap hari jumat. Artsitektur kuno dari Mesjid ini dapat dilihat pada 2 buah inskripsi yang tertulis pada bidang berbentuk segi delapan berukuran 50x50cm yaitu pada 2 daun pintu Lawang Agung dan pada 2 daun pintu sebelah kanan terdapat 5 baris inskripsi Arab-Melayu. Walaupun ukuran Mesjid Sultan Suriansyah ini tidak terlalu besar namun Mesjid ini merupakan saksi bisu perkembangan Kota Banjarmasin dari masa ke masa.

Info Wisata Kalsel 
HP / WA :  0812-5182-1415 
an. Birhasani

Kami juga menyediakan jasa Rental Mobil beserta pengemudi
dalam berwisata di Kalimantan Selatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Warung Nasi Kuning Andalas

Nasi kuning sambal habang merupakan salah satu masakan khas Banjar. Berbeda dengan nasi kuning di Pulau Jawa, nasi kuning khas Banjar ini ...