Rabu, 17 Januari 2018

Taman Siring Banjarmasin

Taman Siring Banjarmasin merupakan salah satu tempat bersantai favorit di Banjarmasin. Taman ini terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Banjarmasin, Kalimantan Selatan tepatnya di seberang Kompleks Masjid raya Sabilal Muhtadin tepat di pusat kota Banjarmasin. Taman ini memiliki keistimewaan dengan memiliki tempat yang nyaman untuk kegiatan bersantai, nongkrong, bermain, menikmati pemandangan serta melakukan kegiatan lainya. 

suasana taman siring Banjarmasin
 Taman ini ditumbuhi banyak pohon sehingga suasananya rindang dan sejuk. Pohon-pohon di sini berjenis penopang tanah bantaran sungai seperti trembesi yang memang sengaja ditanam oleh Pemerintah Kota Banjarmasin agar sungainya lestari. Lantai Siring ini terdiri dari bebatuan bermotif. Ada juga yang timbul, sering dipakai pengunjung untuk refleksi kaki. Di dua bagian ujung Siring sepanjang satu kilometer ini ada dermaga apung. Ada juga dermaga khusus pasar terapung yang biasanya dipakai para pedagang pasar terapung untuk berjualan pada Minggu pagi. 
Suasana Pasar Terapung di Siring Banjarmasin
Disekitar pasar terapung ini juga ada perahu atau klotok dalam bahasa Banjar yang khusus untuk mengatar para wisatawan menyusuri sungai di sekitar Siring Banjarmasin hanya dengan biaya Rp 5.000,- per orang. di klotok tersebut penumpang bisa memilih untuk duduk di dalam perahu atau di atap perahu untuk menikmati suasana sungai di Siring Banjarmasin.
Naik perahu/klotok di Siring Sungai Banjarmasin
Di bagian tengahnya ada Menara Pandang, gazebo, dan dua rumah tua yang sudah diperbaiki oleh Pemerintah Kota Banjarmasin dan dijadikan tempat wisata. Dari atas Menara Pandang Anda bisa melihat daerah sekitar Siring Banjarmasin. Fasilitas ditaman ini juga tersedia dari toilet, tempat ibadah, sampai hotspot area.  
 
Menara Pandang (kiri) & Rumah Tua Anno (Kanan) di Siring Banjarmasin

Di siring ini juga ada maskot binatang asli Kalimantan Selatan yaitu Patung Bekantan. Pada saat-saat tertentu, dari mulut patung ini bisa keluar semprotan air ke arah sungai.

Patung Bekantan di Siring Banjarmasin

Di akhir pekan juga banyak komunitas berkumpul di area Taman Siring Banjarmasin. Mereka juga ikut meramaikan Taman ini. Komunitas-komunitas tersebut bisa menjadi hiburan bagi masyarakat yang berkunjung. Komunitas itu antara lain komunitas inlineskate, skateboard, BMX, sepeda motor, boat modelling, dance, photography, Barisan Pemadam Kebakaran, dan masih banyak lagi. Untuk menuju ke Taman Siring sangat mudah kerena letaknya di jantung Kota. 
Aksi flyboarding di Sungai Siring Banjarmasin

Bila anda berkunjung ke Banjarmasin jangan sampai anda melewatkan untuk mampir di Wisata Siring Banjarmasin ini.
 
Info Wisata Kalsel 
HP / WA :  0812-5182-1415 
an. Birhasani

Kami juga menyediakan jasa Rental Mobil beserta pengemudi
dalam berwisata di Kalimantan Selatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Warung Nasi Kuning Andalas

Nasi kuning sambal habang merupakan salah satu masakan khas Banjar. Berbeda dengan nasi kuning di Pulau Jawa, nasi kuning khas Banjar ini ...