Jumat, 07 September 2018

Soto Banjar Bang Amat


photo is courtesy of TripAdvisor

Soto Banjar adalah kuliner khas Banjarmasin. Soto Banjar di Banjarmasin banyak yang menjualnya, namun salah satu yang paling dikenal adalah Soto Banjar Bang Haji Amat atau lebih dikenal sebagai Soto Bang Amat. Wisata kuliner soto Banjar ini beralamat di Jalan Banua Anyar nomor 6, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Posisinya berada di kota Banjarmasin dan bisa ditempuh baik jalur darat maupun lewat sungai karena tempatnya bersisian dengan Sungai Martapura. Wisata kuliner ini buka tiap hari dari pukul 07.00 wita hingga 17.00 Wita kecuali hari kamis buka hanya 16.00 Wita.


Warung soto ini sudah dikenal sejak lama karena kesedapan rasa soto Banjarnya. Tak heran jika warung ini selalu dipenuhi tamu dan kerap dijadikan destinasi wisata kuliner bagi mereka yang hendak mencicipi kuliner khas orang Banjar ini. Tempatnya juga nyaman dengan pemandangan sungai di sisi belakang warung.
 
Panorama sungai dari belakang Depot Soto Bang Amat

Menurut Pemilik Warung, Shafwati, nama warungnya ini diambil dari nama suaminya yang juga pemilik warung ini, yaitu Haji Amat atau Bang Amat. Warung ini sudah beroperasi sejak 13 tahun lalu. Dulu warungnya kecil dan sepi namun sedikit demi sedikit dikembangkan hingga sekarang menjadi terkenal dan tidak pernah sepi pelanggan.

Pengunjung yang datang tidak hanya warga Banjarmasin saja namun juga dari luar Kalimantan Selatan. Dari penuturan pengunjung Rasa kuah sotonya terasa sedang asinnya. Ditambah lagi dengan potongan daging ayam yang terasa masak dan empuk hingga ke dalam. Dagingnya tidak alot sehingga mudah dipotong dengan sendok dan garpu. Daging sate ayamnya pun terasa empuk di lidah. Bumbu satenya terasa menyatu dengan daging.
 
Soto Bang Amat dari pinggir jalan

Bila anda berkunjung ke Banjarmasin, jangan lewatkan mencicipi masakan khas Banjar di Soto Bang Amat ini. Untuk menuju kemari anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, bisa juga dengan taxi, becak maupun bajaj sedangkan angkot tidak terlalu marak di sini. Anda juga bisa menyewa mobil carteran beserta pengemudinya untuk berwisata di Banjarmasin dan sekitarnya, untuk dapat menyewa mobil carter anda bisa menghubungi Bapak Birhasani di nomor HP/WA : 0812-5182-1415.

   

     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Warung Nasi Kuning Andalas

Nasi kuning sambal habang merupakan salah satu masakan khas Banjar. Berbeda dengan nasi kuning di Pulau Jawa, nasi kuning khas Banjar ini ...