Rabu, 28 Maret 2018

Maskot Bekantan Banjarmasin

Maskot Bekantan adalah sebuah ikon Kota Banjarmasin yang merupakan bagian dari wisata siring Banjarmasin di jalan Kapten Pierre Tendean. Maskot Bekantan ini terbuat dari perunggu kosong ini dibangun setinggi 6,5m, berat 7 ton berdiri di atas pondasi setinggi 2m. Posisi patung bekantan ini menghadap ke arah sungai Martapura dan pada mulut patung bekantan ini mengeluarkan air mancur.


 
Bekantan (Nasalis Larvatus) merupakan primata endemik yang banyak ditemui di Polau Kalimantan, khususnya Kalimantan Selatan sehingga ikon primata ini dijadikan maskot oleh Pemerintah Kota Banjarmasin dengan mendirikan patunnya. Hewan primata ini banyak tersebar di rawa-rawa, hutan pantai, dan hutan bakau di Pulau Kalimantan, salah satunya hewan primata ini terdapat di Pulau Bakut.


Kehadiran patung Maskot Bekantan disebutkan mirip dengan patung Singa Merlion di Singapura. Hal ini memunculkan anggapan : “belum ke Banjarmasin jika tidak befoto di depan patung Maskot Bekantan”.

Info Wisata Kalsel 
HP / WA :  0812-5182-1415 
an. Birhasani

Kami juga menyediakan jasa Rental Mobil beserta pengemudi
dalam berwisata di Kalimantan Selatan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Warung Nasi Kuning Andalas

Nasi kuning sambal habang merupakan salah satu masakan khas Banjar. Berbeda dengan nasi kuning di Pulau Jawa, nasi kuning khas Banjar ini ...